Skip to main content
Siaran Pers

PRESS RELEASE AKHIR TAHUN 2019 BNN KOTA BALIKPAPAN

Dibaca: 14 Oleh 23 Des 2019Desember 18th, 2020Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Balikpapan, 23 Desember 2019 — Persoalan narkotika di Indonesia masih dalam kondisi yang memerlukan perhatian dan kewaspadaan tinggi secara terus menerus. Untuk itu dibutuhkan upaya bersama seluruh instansi dan komponen masyarakat untuk bersinergi dan bersama-sama mengambil langkah strategis dalam upaya P4GN. Upaya-upaya tersebut dapat dilaksanakan secara komprehensif dan berkesinambungan yang diimplementasikan secara seimbang antara supply reduction (pengurangan pasokan) melalui Upaya Pemberantasan, dengan demand reduction (pengurangan permintaan) melalui Upaya Pencegahan.

Dalam rangka menekan supply reduction dengan upaya pemberantasan. BNN Kota Balikpapan sepanjang Tahun 2019 Telah melakukan pengungkapan  9 Kasus narkotika dengan 14 tersangka dengan barang bukti narkotika jenis sabu yang disita sebesar 2.027,54 Gram. Jumlah barang bukti narkotika jenis sabu yang disita tersebut meningkat dari Tahun 2018 yang berjumlah 1.095,1 Gram.

Dalam aspek pencegahan dan pemberdayaan masyarakat yang merupakan bagian dari demand reduction, BNN Kota Balikpapan telah melaksanakan kegiatan advokasi, diseminasi,sosialisasi, dan kampanye “stop narkoba” sebanyak 184 Kegiatan dengan melibatkan 20.399 peserta dari berbagai kalangan terutama generasi milenial. Kegiatan kreatif lainnya yang dilakukan adalah melaksanakan branding pesan anti narkoba pada sarana transportasi publik serta penayangan konten anti narkoba pada media cetak dan penyiaraan.

Masih dalam rangka demand reduction, dalam rangka menggiatkan partisipasi masyarakat dalam P4GN. BNN Kota Balikpapan telah membentuk 30 Relawan Anti Narkoba dan 80 Penggiat Anti Narkoba yang berasal dari lingkungan Pemerintah, Swasta, Pendidikan, dan Masyarakat. Relawan dan penggiat yang dibentuk dan dilatih ini diharapkan dapat menjadi penggerak pola hidup sehat tanpa narkoba ditengah-tengah masyarakat.

Sementara melalui program pemberdayaan alternatif, BNN Kota Balikpapan melakukan pembinaan kepada masyarakat kawasan rawan dan rentan narkoba di Kampung Gunung Bugis, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat. Pada lokasi tersebut BNN Kota Balikpapan bekerjasama dengan pemerintah kota dan kelompok masyarakat serta di dukung oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) melaksanakan pembinaan berupa pelatihan menjahit, merajut, dan pembuatan kerajinan kepada 25 orang masyarakat. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat yang tinggal di kawasan rawan dan rentan narkoba memiliki keterampilan, kemandirian ekonomi sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan tidak terjerumus bisnis peredaran narkoba.

BNN Kota Balikpapan bekerjasama dengan seluruh stakeholders di tahun 2019 ini telah melakukan tes urin  sebanyak 3.174 orang. Dari jumlah yang menjalani tes urine tersebut, 10 orang diantaranya terindikasi positif narkoba. Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat BNN Kota Balikpapan juga melayani pelayanan tes urin dalam rangka penerbitan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) kepada masyarakat sebanyak 8.192 orang dengan sample positif 7 orang.

Pada bidang rehabilitasi yang bertujuan untuk mewujudkan kepulihan dari ketergantungan narkotika dan mengembalikan keberfungsian sosial pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika di masyarakat. BNN Kota Balikpapan telah menyelenggarakan layanan rehabilitasi terhadap 145 orang, dengan rincian yaitu sebanyak 83 orang dengan rehabilitasi layanan rawat jalan dan 40 orang rujukan rehabilitasi rawat inap dan layanan Tim Asesmen Terpadu (TAT) kepada 22 orang.

Dalam mengoptimalkan peran P4GN, BNN Kota Balikpapan bersinergi menjalin kerjasama dengan seluruh komponen dalam menggelorakan semangat anti narkoba. Beberapa kerjasama menonjol yang dilakukan antara lain, Bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Balikpapan untuk memberikan pelatihan kepada para tokoh dan penceramah agama untuk turut menyuarakan pesan-pesan anti narkoba kepada masyarakat luas melalui media dakwah dan kegiatan keagamaan.

Permasalahan Narkotika merupakan permasalahan multi dimensi dan sangat kompleks karena berkaitan dengan permasalahan hukum, keamanan negara, kesehatan, ekonomi, maupun sosial. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dalam penanganannya. Membangun mindset dan frame yang sama dalam penanganan permasalahan narkotika adalah la

ngkah awal dalam membangun sistem yang kuat dalam mengatasi permasalahan narkotika.

Kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya P4GN, BNN Kota Balikpapan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dukungannya tanpa henti sehingga upaya P4GN dapat terlaksana dengan baik.

Dengan capaian-capaian target yang telah diraih di tahun 2019, BNN Kota Balikpapan tidak berpuas diri dan terus berusaha meningkatkan kinerjanya dengan berbagai upaya pemberantasan, pencegahan dan inovasinya untuk mewujudkan Kota Balikpapan Bersinar (Bersih dari Narkoba)

                                                                                                             Kepala BNN Kota Balikpapan

                                                                                                              Muhammad Daud,S.H.,M.H.

                                         PRESS RELEASE AKHIR TAHUN 2019 BNN KOTA BALIKPAPAN   

Infografis Kinerja Tahun 2019 BNN Kota Balikpapan

Terkait

Kirim Tanggapan